Penelitian ini mengeksplorasi strategi yang efektif untuk mengajar bahasa Inggris sebagai kemampuan membaca bahasa asing. Penekanan utama adalah pada penggunaan strategi metakognitif untuk merefleksikan proses mental yang terjadi sebelum dan sesudah proses membaca dengan menggunakan teks online digital. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester satu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Saint Thomas Sumatera Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik analisis data dilakukan dalam dua tahap. Langkah pertama adalah mengidentifikasi setiap potongan data sesuai dengan jenis yang terdapat dalam domain kognitif. Langkah kedua adalah hasil analisis domain kognitif yang ditinjau berdasarkan strategi metakognitif meliputi proses perencanaan, pemantauan dan evaluasi. Pembelajaran ini dilakukan berdasarkan beberapa proses kognitif, seperti mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Penelitian ini menyarankan bahwa siswa harus memiliki pengalaman untuk mengaktifkan dan membangun sumber yang kaya dan relevan untuk menemukan jawaban bacaan dengan menggunakan membaca online metakognitif untuk terlibat dalam kegiatan pencarian informasi untuk membangun pembelajaran mandiri dan meningkatkan tingkat membaca dalam teks online.
Copyrights © 2023