Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan brain gym dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan mengumpulkan jurnal pada google scholar. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis anotasi bibliografi Hasil dari analisis yang dilakukan didapatkan bahwa konsentrasi belajar merupakan kemampuan siswa yang dapat ditingkatkan melalui latihan, latihan yang mampu meningkatkan konsentrasi salah satunya yakni dengan brain gym. Brain gym merupakan serangkaian gerak sederhana dengan menstimulasi kerja kedua belah otak sehingga bekerja secara sinegis. Brain gym efektif meningkatkan konsentrasi belajar siswa apabila rutin diterapkan setiap hari. Brain gym tidak akan bekerja secara optimal apabila subjek tidak serius melakukan gerakan brain gym. Upaya yang dapat dilakukan supaya Brain Gym bekerja optimal yakni dengan mengenalkan gerakan brain gym kepada siswa secara rutin minimal 10-14 menit sehingga siswa menguasai gerakan brain gym dan dapat diterapkan secara berkelanjutan.
Copyrights © 2023