Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol 10 No 1 (2023)

MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS MEDIA PERMAINAN MONOPOLI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR

Alfauziah Rahmadani (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Andy Ariyanto (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nafiah Nur Shofia Rohmah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anatri Desstya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Permainan monopoli bisa dijadikan untuk alat pembelajaran yang dipakai oleh guru didalam proses belajar mengajar. Monopoli adalah permainan kuno yang telah dikembangkan di seluruh dunia dan kemudian diciptakan kembali. Menawarkan pengembangan lingkungan permainan Monopoli berbasis problem-based learning untuk materi kelas V sekolah dasar. Tujuan riset ini ialah meningkatkan pemahaman siswa pada materi saluran pencernaan manusia dengan menggunakan media pembelajaran Monopoli berbasis PBL dan untuk mengembangkan keterampilan komunikasi berdasarkan kegiatan diskusi dan presentasi hasil kerja dengan menggunakan media pembelajaran Monopoli berbasis PBL. Riset ini memakai metode riset kualitatif. Hasil dari riset ini yaitu Hasil refleksi selama proses pembelajaran banyak siswa yang menerima manfaat positif dan ada juga yang negatif. Sebagian besar mengatakan bahwa model diskusi dapat membantu pemahaman karena menjadi lebih jelas ketika dijelaskan oleh teman. Permainan monopoli berbasis PBL dapat meningkatkan pemahaman tentang materi sistem pencernaan manusia dan juga dapat menumbuhkan sikap kritis, semangat, dan kepedulian siswa terhadap sesama.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...