Kemandirian belajar dan motivasi belajar sangat penting terhadap prestasi akademik mahasiswa. Banyak upaya telah dilaksanakan untuk meningkatkan prestasi mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Universitas Timor namun hasilnya belum sesuai yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Unimor. Metode yang digunakan adalah deskriptif korelatif dengan pendekatan cross sectional. Sampel adalah mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Unimor, direkrut secara total sampling sebanyak 46 orang. Hasil menunjukkan empat puluh enam mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Universitas timor menyelesaikan kuesioner yang berisi skala likert 1-5 untuk kemandirian belajar dan motivasi belajar. Prestasi akademik mahasiswa diperoleh dari bagian akademik Prodi DIII Keperawatan. Analisis Pearson Chi-Square pada alfa 0.05 menunjukkan tidak ada hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa [p-value > 0,05]. Kesimpulan tidak ada hubungan antara kemandirian belajar dan motivasi belajar dengan prestasi akademik mahasiswa Prodi DIII Keperawatan Universitas Timor.
Copyrights © 2023