All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 1: Maret 2022

Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Kelas V SD N 102025 Rambung Sialang Sawit

Mailinda Mailinda (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Nila Lestari (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Penelitian iini iadalah ipenelitian ilapangan i(field iResearch), dalam ihal iini peneliti menggunakan ijenis ipenelitian ikualitatif idan imenggunakan ideskriptif ikualitatif, yaitu menganalisis idan imenyajikan ifakta isecara isistematik isehingga idapat ilebih mudah dipahami dan idisimpulkan. Tujuan ipenelitian iini iadalah iuntuk imengetahui implementasi pendidikan karakter idan ifaktor-faktor ipendorong dan ihambatan dalam mengimplementasikan ipendidikan karakter imelalui ipembelajaran iPKN dikelas iV iSD iN 02025 iRambung iSialang iSawit. iSumber data ipenelitian iini menggunakan idata iprimer dan data sekunder.Teknik ipengumpulan idata penelitian ini imenggunakan idata iobservasi, wawancara, idan idokumentasi. Dari ihasil penelitian menunjukan ibahwa iimplementasi pendidikan ikarakter ipada imata pelajaran iPKn iyng terdiri dari iatas iperencanaan idan pelaksanaan isudah mencapai hasil iyang imemuaskan. iHal iini dibuktikan berdasarakan hasil wawancara idan analisis idata iobservasi ipenilaian iimplementasi pada iguru dengan skor presentase 37%. iDalam ihal ipelaksanaan, i iguru mengimplementasikannya imelalui imetode pembelajaran iyang dirancang ioleh iguru isendiri agar lebih imenarik idalam iproses pembelajaran i idan ilebih imudah idipahami ioleh anak ididiknya dan idalam berbagai ihal kegiatan iseperti ikegiatan ispontan, ipenananaman ikedisiplinan, iserta menciptakan isuasana yang ikondusif

Copyrights © 2022