All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 1, No 3: September 2021

Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas 7 MTSS Darurrahman

Amiruddin Amiruddin (MTs Darurrahman Tebo)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh guru Bahasa Arab di MTSS Darurrahman adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Sehingga mengakibatkan hasil belajar yang diperoleh siswa dalam nilai rapor rendah.Berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Salah satu upaya yang dikembangkan adalah penerapan sistem pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Oleh sebab itu penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di MTSS Darurrahman, Kelas 7. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) ini dengan mengelompokan siswa menjadi kelompokkelompok kooperatif dengan kategori siswa pandai, siswa sedang dan siswa kurang pandai. Tugas guru dalam hal ini mengarahkan dan memberi bantuan pada kelompok kooperatif yang memerlukan bantuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus, yang pelaksanaan tindakan setiap siklus yaitu, penerapan tindakan,monitoring, refleksi danevaluasi. Pada akhir siklus ketiga siswa mengisi angket. Hasil pada sisklus pertama 54,87 %, pada siklus kedua 70,26 %, pada siklus ketiga 93,33 % dan hasil angket 81,75 %. Hal ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Arab kompetensi dasar memahami fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan (bunyi, kata, makna dan gramatikal) dari teks sederhana yang berkaitan dengan tema: ن۱لعنو۱ yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan tempat tinggal (lokasi dan nomor rumah) dengan menggunakan kata tanya ( كم - ما ( di Kelas 7 MTSS Darurrahman meningkat

Copyrights © 2021