All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 3: September 2022

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Gejrot (Studi Pada Umkm Tahu Gejrot Medan Polonia)

Andiani Dias (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Zamalludin Sembiring (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Mhd. Hilman Fikri (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)
Mutawaqil Billah Tumanggor (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Tahu Gejrot (Studi Pada UMKM Tahu Gejrot Medan Polonia. Sampel penelitian ini adalah sebanyak 133 konsumen. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Regresi Berganda, Uji T, Uji F dan Koefisien Determinasi. Uji kesesuaian dengan menggunakan uji t dilakukan untuk menguji pengaruh secara parsial antara variabel independen dengan variabel dependen dengan asumsi bahwa varaiabel lain dianggap konstan. Hasil analisis diperoleh nilai t hitung variabel produk (X1) sebesar 6.874 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.656. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 6.874 < 1.656. Kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,000 > 0,005. Variabel Harga (X2) sebesar 2.014 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.656. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 2.014 > 1.656. Kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,002 < 0,005. Variabel lokasi (X3) sebesar 4.202 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.656. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 4.202 > 1.656. Kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,000 < 0,005. Variabel promosi (X4) sebesar 5.438 jika dibandingkan dengan nilai t tabel yang sebesar 1.656. Maka t hitung yang diperoleh lebih besar dari nilai t tabel atau 5.438 > 1.656. Kemudian terlihat pula bahwa nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,000 < 0,005. Nilai f hitung adalah 786.336 dengan tingkat sig 0,000 oleh karena itu nilai sig 0,000 > 0,05 dan nilai F hitung 786.336 > F tabel 2.44 hal ini menunjukkan bahwan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel independen X1, X2, X3 dan X4 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen Y. Nilai R menunjukkan korelasi berganda, yaitu produk (X1), harga (X2), lokasi (X3), dan promosi (X4) berpengaruh terhadap keputusan pembelian sebesar 0.980 atau 98.0%. Artinya hubungannya erat, semakin besar R berarti hubungannya semakin erat. R square (R2) atau kuadrat R menunjukkan koefisien determinasi adalah sebesar 0.961 artinya persentase produk (X1), harga (X2), Lokasi (X3) dan Promosi (X4) terhadap keputusan pembelian sebesar 96.1% sedangkan sisanya sebesar 3. 9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini. Kata Kunci: Bauran Pemasaran dan Keputusan Pembelian.

Copyrights © 2022