All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety
Vol 2, No 1: Maret 2022

Analisis Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Bertanya pada Pembelajaran PKN Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 101952 Tualang Kecamatan Perbaungan

Rizka Savira (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Dara Fitrah Dwi (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan sejauh mana kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKN kelas IV SDN 101952 Tualang Kecamatan Perbaungan. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menyajikan data berupa analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Analisis kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKN kelas IV SDN 101952 Tualang Kecamatan Perbaungan dengan aspek keterampilan bertanya dasar tergolong dalam kriteria “Sangat Baik” dengan skor perolehan 1458, persentase 78,9%. Sedangkan dari aspek keterampilan bertanya lanjut tergolong kedalam kriteria “Sangat Baik” dengan skor perolehan 1496, persentase 81%. Total skor perolehan pada semua aspek adalah 2954 dan skor masksimal 3696 dengan persentase 79,9%. Maka dari itu kemampuan guru dalam menerapkan keterampilan bertanya pada pembelajaran PKN kelas IV SDN 101952 Tualang Kecamatan Perbaungan bisa di katakan “Sangat Baik”

Copyrights © 2022