Journal Liaison Academia and Society
Vol 2, No 3 (2022): September 2022

Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Anak Usia Dini pada Guru TK Amanah

Emelia Rahmadany Putri Gami (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Pendidikan TK merupakan jembatan antara lingkungan keluarga dengan lingkungan masyarakat yang lebih luas yaitu sekolah dasar dan lingkungan lainnya. Tenaga pendidik dalam hal ini para guru masih memiliki pengetahuan yang minim tentang pendekatan pembelajaran secara saintifik dalam proses pembelajaran, dimana pendekatan saintifik merupakan model pembelajaran yang menggunakan metode ilmiah dalam kegiatan pembelajarannya. Peserta didik diberikan ruang untuk bereksploras terhadap materi pembelajaran, termasuk dalam kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan data serta mengomunikasikan. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk menjalin kerja sama dengan pihak sekolah dalam hal ini adalah guru-guru TK amanah, dapat menguasai pengetahuan tentang pendekatan saintifik dalam metode pembelajarannya. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan pelatihan langsung tentang metode pedekatan saintifik dengan langsung memberikan contoh praktik pembelajarannya. Selain itu dilakukan proses pendampingan dalam menyelesaikan praktek ini dengan langsung membuatkan satu praktikpembelajaran dengan mencontohkan metode 5 W 1 H terhadap tema binatang. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru TK Amanah telah memahami dan mengerti penggunaan media pembelajaran dengan pendekatan saintifik sebagai media pembelajaran secara praktek. Kata Kunci : Pendekatan; Saintifik; Metode; Pembelajaran; Anak Usia Dini.

Copyrights © 2022