Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
Vol 8 No 2 (2023): Edisi Mei 2023

Penerapan Model Problem Based Leaning Berbasis Berdiferensiasi berdasarakan Gaya Belajar Peserta Didik pada Pelajaran Biologi

Uci Minasari (Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan)
Rahmi Susanti (Universitas Sriwijaya, Palembang, Sumatera Selatan)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Peserta didik merupakan individu yang unik sehingga memiliki karakteristik yang berbeda dari yang satu dengan yang lainnya. Di Kelas XI IPA 1 Plus SMA Srijaya Negara Palembang ini ditemukan gaya belajar yang sangat beragam sehingga perlu pembelajaran berdiferensiasi untuk merespon keberagaman tersebut supaya peserta didik dapat mengoptimalkan potensinya sesuai karakteristiknya Tujuan best practice ini adalah untuk mengetahui dampak penerapan pembelajaran berdiferensiasi terhadap proses pembelajaran dan bagaimana penerapannya pada mata pelajaran Biologi kelas XI IPA 1 Plus SMA Srijaya Negara Palembang. Penelitian menggunakan jenis kualitatif dengan sumber informasi penelitian dari peserta didik dan pendidik mata pelajaran Biologi. Modifikasi RPP pelajaran Biologi berbasis pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan keberagaman gaya belajar peserta didik. Hasil observasi peserta didik lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik sesuai tujuan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi membawa dampak perubahan perilaku peserta didik dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari keikutsertaan peserta didik dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis berdiferensiasi berdasarkan gaya belajar dapat diterapkan di kelas XI IPA 1 Plus SMA Srijaya Negara Palembang.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalideguru

Publisher

Subject

Education Other

Description

"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), ...