Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak
Vol. 3 No. 2 (2022)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK DI PAUD AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II PALU BARAT

Arum Kartika Dewi Arum (UIN Datokarama Palu)
Rustam (Unknown)
Hikmatur Rahmah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Penggunaan media bergambar dalam meningkatkan keterampilan bahasa anak, khususnya pada anak usia dini, dan bertujuan untuk mengetahui penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan bahasa anak di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palu Barat dan Untuk mengetahui implikasi dari penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan bahasa anak di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palu Barat. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data didapatkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data akan diperkuat dengan malakukan teknik pemeriksaan. media gambar digunakan sebanyak empat kali dalam seminggu yang disesuaikan dengan tema pembelajaran, gambar yang digunakan adalah gambar rumah dari hari senin sampai hari kamis. Implikasi dari penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan bahasa anak di PAUD Aisyiyah Bustanul Athfal II Palu Barat adalah Anak dapat menyebutkan huruf-huruf pada kata rumah, anak lebih mudah menjawab pertanyaan dari guru, anak lebih mudah bercerita menggunakan media gambar, anak lebih mudah diajak berkomunikasi menggunakan media gambar, anak lebih fokus pada materi pembelajaran, pembelajaran lebih menyenangkan, materi lebih mudah dipahami.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

abulava

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Ana Bulava Jurnal Pendidikan Anak dipublikasikan oleh Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Instutut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu. Terbit dua kali dalam setahun, jurnal ini mengundang para dosen, peneliti, dan pemerhati pendidikan anak untuk ...