Jurnal Applied Research in Management and Business
Vol. 2 No. 2 (2022): Desember 2022

ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP PREDIKSI KONDISI FINANCIAL DISTRESS: (Studi pada Perusahaan Sub Sektor Transportasi di Bursa Efek Indonesia Periode 2018-2020)

Anisa Khoirul Amin (Universitas Nasional Karangturi)
Tiara Rani Santoso (Unknown)
Dwi Hayu Estrini (Universitas Nasional Karangturi)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh likuiditas, leverage, profitabilitas, rasio aktivitas dan sales growth terhadap financial distress. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor transportasi di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2020. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 63 sampel. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder. Berdasarkan analisis regresi linier berganda menggunakan program SPSS 26.0, ditemukan bahwa likuiditas dan profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap financial distress. Namun untuk rasio aktivitas, sales growth dan leverage tidak berpengaruh terhadap financial distress. Hal ini disebabkan ada faktor-faktor lain yang harus dipertimbangkan dalam menilai financial distress dari perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

arimbi

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Applied Research in Management and Business atau yang dikenal dengan sebutan ARIMBI merupakan sebuah wadah bagi para peneliti yang ingin mempublikasikan hasil temuan kepada masyarakat luas. ARIMBI mempunyai komitmen untuk memberikan pembaharuan hasil temuan ilmiah yang bersifat Ekonomi dan Bisnis ...