JASS (Journal of Accounting for Sustainable Society)
Vol 4 No 02 (2022): JASS Edisi Desember 2022

Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri, Konformitas Hedonis, Penggunaan Electronic Money, Gaya Hidup dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumti

Asep Kurniawan (STIE Sutaatmadja)
Sri Mulyati (STIE Sutaatmadja)
Lita Tribuana (STIE Sutaatmadja)



Article Info

Publish Date
14 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, kontrol diri, konformitas hedonis, penggunaan electronic money, gaya hidup dan lingkungan teman sebaya secara parsial dan simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan cara penyebaran kuesioner. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling dan jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 202 responden yang merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi yang berkuliah di Universitas yang berada di Jawa Barat. Data tersebut diolah menggunakan metode uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial (uji t), variabel literasi keuangan dan konformitas hedonis tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Sedangkan variabel kontrol diri, penggunaan electronic money, gaya hidup dan lingkungan teman sebaya berpengaruh terhadap perilaku konsumtif. Hasil secara simultan (uji F) menunjukan bahwa literasi keuangan, kontrol diri, konformitas hedonis, penggunaan electronic money, gaya hidup dan lingkungan teman sebaya berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jass

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Diterbitkan oleh Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Sutaatmadja. Dengan tujuan: 1) Menjadi media publikasi yang terpercaya dalam penyebarluasan ilmu akuntansi. 2) Menjadi media dokumentasi pemikiran yang berbasis pada ilmu akuntansi. 3) Menjadi media yang akan menunjang pengembangan ...