Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 3 No 1 (2023): Vol. 3 No. 1 Edisi Februari 2023

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN CACAH PADA GARIS BILANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III SDN 1 GUNUNGSARI KECAMATAN CIMAHI KABUPATEN KUNINGAN

Caskeni Caskeni (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
20 Feb 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar penjumlahan bilangan pada garis bilangan menjadi salah satu permasalahan yang harus diselesaikan dalam kegiatan proses belajar mengajar di kelas. Permasalahan ini didapat ketika sebagian siswa masih banyak yang belum mencapai batas KKM yang telah ditentukan. Tujuan perbaikan pembelajaran matematika adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan oleh peneliti pada siklus I, masih ada sebagian besar siswa yang belum memahami materi yang telah disampaikan. Dari 18 siswa hanya 7 orang siswa yang sudah mencapai KKM. Berbeda dengan hasil belajar pada siklus II, hasil tes guru menunjukkan banyak perubahan yang signifikan. Dari 18 siswa hanya 3 orang siswa yang belum menguasai materi pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada materi penjumlahan bilangan cacah dengan menggunakan garis bilangan bilangan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...