Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar IPA materi Jenis Sumber Daya Alam pada siswa kelas IV melalui menggunakan media benda konkret. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA tentang jenis sumber daya alam. Sumber data penelitian ini adalah Siswa Kelas IV SDN 02 Kelapa Tujuh dengan jumlah peserta didik sebanyak 16 siswa. Waktu penelitian dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian dilakukan selama 2 siklus. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif adalah data yang diperoleh dari hasil tes formatif pada setiap siklus. Sedangkan data kualitatif berupa hasil observasi pada tiap siklus pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa pada prasiklus hanya 6 siswa (37,5%) yang mendapat nilai di atas KKM. Pada siklus 1 meningkat menjadi 11 siswa (68,75%). Pada siklus II meningkat menjadi 16 siswa (100%) dan nilai rata-rata kelas pada siklus II adalah 84,06. Kesimpulan dari penelitian perbaikan pembelajaran menggunaan media benda konkret dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA.
Copyrights © 2023