Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan berhitung operasi hitung bilangan bulat pada mata pelajaran matematika kelas V SD N Karangpelem 1 Kedawung Sragen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan menggunakan metode pre-eksperimen design dengan desain one group pretes-posttest design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD N Karangpelem 1 yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Dokumentasi 2) Tes. Uji coba instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda dan analisis data menggunakan analisis deskriptif dan korelasi point biserial, sedangkan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil t-test terdapat pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan berhitung, hal ini diketahui dari hasil analisis data terdapat perbedaan hasil pretest sebesar 48,37 dan posttest sebesar 78,03 yang memperoleh = 9.114 dengan dibandingkan dengan nilai dengan dk = (N-1) jadi (30-1) = 29 dalam taraf signifikasi 5% yaitu 2.045, jadi dapat disimpulkan bahwa > = 9.114>2.045 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesisnya “Ada pengaruh penggunaan metode bernyanyi terhadap kemampuan berhitung pada mata pelajaran matematika operasi hitung bilangan bulat kelas V SD N Karangpelem 1 Kedawung Sragen Tahun Pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2023