Journal of Public and Business Accounting
Vol. 1 No. 1 (2020): January - June

PENGARUH PERENCANAAN PAJAK DAN BEBAN PAJAK TANGGUHAN TERHADAP MANAJEMEN LABA : (Studi empiris pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI tahun 2014-2018)

Sules Jayanti (Universitas Widyagama Malang)
M. Sodik (Universitas Widyagama Malang)
Hartini P. P (Universitas Widyagama Malang)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perencanaan pajak dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba. Obyek dalam penelitian ini adalah 120 laporan keuangan tahunan perusahaan property dan real estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), periode pengamatan 5 tahun, mulai tahun 2014 sampai dengan tahun 2018. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data sekunder diperoleh melalui situs resmi BEI yaitu, www.idx.co.id. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, metode analisis data menggunakan statistik deskriptif dan regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, perencanaan pajak memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Berbeda dengan beban pajak tangguhan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap manajemen laba. Artinya, peningkatan perencanaan pajak tidak mempengaruhi peningkatan peluang perusahaan dalam melakukan manajemen laba dalam bidang perpajakan dan beban pajak tangguhan mempengaruhi peningkatan peluang serta probabilitas perusahaan dalam melakukan manajemen laba. Selain itu, hasil pada statistik deskriptif menunjukkan kemungkinan terjadinya manajemen laba dengan tujuan menghindari penurunan laba.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jopba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Journal of Public and Business Accounting (JoPBA) adalah jurnal ilmiah nasional berbahasa Indonesia yang diterbitkan bulan Juni dan Desember pada bidang kajian Akuntansi Publik dan bisnis dalam setahun oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi Univeristas Widyagama Malang. JoPBA ...