Jurnal Audit dan Perpajakan
Vol. 1 No. 1 (2021): Article Research Volume 1 Issue 1, Juni 2021

Faktor Yang Mempengaruhi Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Empiris pada Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Hantono Hantono (Universitas Pelita Harapan, Medan)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi opini audit going concern dengan menggunakan data laporan keuangan dari industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi opini audit going concern di dalam penelitian ini di antaranya adalah komite audit, kualitas audit, debt to assets ratio. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan model analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan jenis data adalah data sekunder. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 62 perusahaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap opini audit going concern adalah leverage yang diproksikan dengan debt to asset ratio berpengaruh dan signifikan secara parsial, sementara komite audit dan kualitas audit tidak berpengaruh dan tidak signifikan secara parsial terhadap opini going concern pada industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel Komite Audit, Kualitas Audit, Debt to Asset Ratio, berpengaruh dan signifikan secara simultan terhadap Opini Going Concern pada perusahaan industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014 - 2017. Sementara Nilai Nagelkerke R Square sebesar 0,710 yang berarti variabel dependen (Opini Going Concern) dapat dijelaskan dan dipengaruhi oleh variabel-variabel independen (komite audit, kualitas audit, debt to asset ratio) sebesar 71%. Sedangkan sisanya sebesar 29% dapat dijelaskan oleh variabel-variabel diluar daripada variabel penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jap

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal yang mengakomodir laporan penelitian tentang Audit dan Perpajakan. Jurnal terbitan berkala 2 kali dalam setahun yaitu Mei dan Nopember setiap ...