Pandemi Covid-19 berdampak serius terhadap persaingan industry kerajinan di seluruh nusantara, terutama di daerah-daerah yang menjadi basis industry kerajinan sehingga berdampak pada penurunan pendapatan daerah. Salah satunya adalah industri kerajinan tikar mendong di Purbaratu Kota Tasikmalaya. Dimana pandemi Covid-19 memaksa UMKM memikirkan strategi untuk berkembang dilingkungan persaingan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi persaingan lingkungan bisnis saat ini dengan menggunakan metode analisis SWOT untuk meningkatkan persaingan, dan model kanvas untuk membuat model bisnis baru. Pada penelitian ini juga menggunakan Blue Ocean Strategy untuk mendapatkan keunggulan kompetitif atas pesaing serupa dengan mengembangkan model bisnis baru untuk UMKM Tikar Mendong Purbaratu. Hasil dari penelitian ini, sebuah model bisnis baru untuk UMKM Tikar Mendong diciptakan, yaitu Blue Ocean Strategy, yang menghasilkan nilai tambah dan menghasilkan aliran pendapatan baru untuk pengembangan bisnis UMKM Tikar Mendong Purbaratu yang berkelanjutan di masa depan. Jika implementasi model bisnis ini berhasil, maka dapat dijadikan percontohan bagi industri lain di Jawa Barat untuk lebih mengembangkan model bisnisnya guna meningkatkan daya saing.
Copyrights © 2023