Jurnal Sains, Teknologi dan Rekayasa (SAINTESA)
Vol 1 No 1 (2021): Oktober 2021

MODIFIKASI INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN MOTOR YAMAHA MIO SOUL TAHUN 2008

Muhamad Ghozali (Sekolah Tinggi Teknologi YBS Internasional)
Wardiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Oct 2021

Abstract

Saat ini banyak tuntunan dalam industri otomotif yaitu untuk menghasilkan kendaraan yang mampu menghasilkan performa mesin yang tinggi (high performance). Menjadikan tantangan untuk para pabrikan sepeda motor bersaing dalam merancang sepeda motor dengan kemampuan mesin yang lebih bagus lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intake manifold standar dengan intake manifold modifikasi terhadap performa mesin. Pengujian torsi dan daya dilakukan pada putaran 1500 rpm – putaran 8000 rpm, sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan pada putaran 2500 rpm – putaran 7000 rpm. Hasil pengujian daya maksimal menggunakan intake manifold standar dan modifikasi sama sebesar 7.6 HP. Tetapi pada putaran mesin 1500 rpm - 4399 rpm daya lebih tinggi menggunakan manifold modifikasi. Untuk torsi makasimal menggunakan intake manifold modifikasi lebih besar dari standar yaitu 18.8 pada putaran mesin 2087 rpm. Dan untuk konsumsi bahan bakar menggunakan intake manifold modifikasi lebih boros dibanding intake manifold standar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

saintesa

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering

Description

Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel berkualitas yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini di bidang teknik informatika, Teknik Mesin dan Teknik Mekatronika . Cakupannya mencakup serperti : 1. ICT 2. Rekayasa Perangkat Lunak 3. Sistem Informasi Geografis 4. Data mining ...