Jurnal Sains, Teknologi dan Rekayasa (SAINTESA)
Vol 2 No 2 (2022): Oktober 2022

Perancangan dan Implementasi Jaringan RT/RW Net Menggunakan Metode PPDIOO (Studi Kasus Desa Leuwibudah Kecamatan Sukaraja)

Sandi Supriadi (a:1:{s:5:"id_ID"
s:20:"STT YBSI Tasikmalaya"
})

Siti Maesaroh (STT YBSI Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Jaringan RT/RW net merupakan salah satu alternatif terbaik dalam membangun jaringan komputer yang praktis dan fleksibel serta memiliki mobilitas tingi. Sebagian besar jaringan RT/RW net menggunakan koneksi wireless dengan menggunakan antena acces point ke pelanggan. Desa Leuwibudah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya memiliki permasalahan blank spot dibeberapa wilayahnya, sehingga memerlukan penanganan khusus untuk dapat mengcover koneksi jaringan memenuhi kebutuhan pemerintah desa dan juga masyarakat diwiliyah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode PPDIOO yang merupakan metode perencanaan yang dikeluarkan oleh CISCO, tahapan dengan metode ini dimulai dari persiapan, perencanaan, desain, Implementasi, pengoperasian sampai pada pengoptimalisasian. Hasil dari penelitian ini adalah tersusun sebuah dokumen perencanaan hingga implementasi yang dilakukan di Desa Leuwibudah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya. Hasil dari implementasi yang dilakukan hanya pada 50 user dengan beberapa hambatan berupa kondisi geografis yang memerlukan pendanaanyang lebih besar untuk menghubungkan seluruh wilayah Desa Leuwibudah Kecamatan Sukaraja Kabupaten Tasikmalaya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

saintesa

Publisher

Subject

Automotive Engineering Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Engineering Mechanical Engineering

Description

Tujuan jurnal ini adalah untuk menerbitkan artikel berkualitas yang didedikasikan untuk semua aspek perkembangan terkini di bidang teknik informatika, Teknik Mesin dan Teknik Mekatronika . Cakupannya mencakup serperti : 1. ICT 2. Rekayasa Perangkat Lunak 3. Sistem Informasi Geografis 4. Data mining ...