Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Vol 10 No 1 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan

PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI PLOTAGON PADA MATERI WAWANCARA SISWA SEKOLAH DASAR

Tutik Puji Rahayu (STKIP PGRI Trenggalek)
Nanda William (STKIP PGRI Trenggalek)
Intan Susetyo Kusuma Wardhani (STKIP PGRI Trenggalek)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media jagongan (video animasi wawancara) serta untuk melihat keefektifan media tersebut pada kelas III di sekolah dasar terhadap memahami mataeri wawancara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development model ADDIE. Media yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli media, ahli materi, ahli bahasa, dan validasi kepada praktisi. Setelah melakukan validasi kepada para ahli dan praktisi, maka dilakukan uji lapangan terhadap media, kemudian dilakukan uji keefektifan media. Media diuji cobakan pada siswa kelas III SDN 3 Ngantru, Kecamatan Trenggalek, Kabupaten Trenggalek. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan media jagongan (video animasi wawancara) efektif untuk meningkatkan pemahaman materi wawancara kelas III di sekolah dasar. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil uji beda bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman materi wawancara sebelum dan sesudah penggunaan media jagongan menggunakan aplikasi plotagon pada siswa kelas III sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edutainment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan menerima artikel ilmiah hasil penelitian tentang ilmu pendidikan dan kependidikan Berbahasa Indonesia atau Inggris. Kontributor meliputi dosen, guru, dan praktisi ...