Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan
Vol 10 No 1 (2022): Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan

IMPLEMENTASI MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA PELAJARAN MATEMATIKA SD

Aris Susanto (Unknown)
Ali Rahmat Unton (Unknown)
Yuharni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui implementasi media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19 pada pelajaran matematika siswa kelas V B SD Negeri 2 Palatiga. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan serangkaian kegiatan untuk mendapatkan data yang natural tanpa berada di bawah kondisi tertentu yang mengutamakan makna. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan analisis data kualitatif dengan metode triangulasi dan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Implementasi media sosial WhatsApp sebagai media pembelajaran di masa pandemi covid-19 pada pelajaran matematika yang dilakukan secara daring sudah terlaksana dengan baik sebagai media belajar utama dalam proses pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran memuat kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Adapun fitur yang sering digunakan ialah fitur foto, pesan suara, chat pribadi, Group WhatsApp, dokumen, dan telepon. Kemudahan dirasakan dengan kehadiran fitur WhatsApp dan juga penggunaannya yang mudah serta dapat digunakan oleh semua kalangan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Edutainment

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Edutainment : Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kependidikan menerima artikel ilmiah hasil penelitian tentang ilmu pendidikan dan kependidikan Berbahasa Indonesia atau Inggris. Kontributor meliputi dosen, guru, dan praktisi ...