Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 7, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Geosfer

STRATEGI PENGEMBANGAN OBYEK WISATA BUKIT ARANG DI DESA LONUO, MENGGUNAKAN ANALISIS INTERPRETATIVE STRUCTURAL MODELING (ISM)

mohamad arief beu (Universitas Negeri Gorontalo)
Fitryane Lihawa (Universitas Negeri Gorontalo)
Sri Maryati (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2023

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan objek wisata Bukit Arang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Interpretative Structural Modelling (ISM). Metode ini memiliki tiga elemen penting dalam strategi pengembangannya yaitu: elemen aktor, elemen kendala, dan elemen kebutuhan, yang setiap elemennya terdiri dari beberapa sub elemen. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi lapangan, wawancara, kuisoner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik pemodelan Interpretative Structural Modelling sebagai berikut: Expert atau pakar atau seseorang yang ahli dalam bidangnya, Elemen atau sub slemen atau E, Structural Self Interaction Matrix, Reachability Matrix, Revision Matrix, Final, Diagraph, dan Structure. Hasil analisis menunjukan bahwa lima sub elemen aktor yang berada di level sama, saling  mempengaruhi dalam strategi  pengembangan wisata Bukit Arang untuk mengatasi kendala utama memiliki daya dorang tertinggi yaitu akses jalan, sumber air, dan  elemen kebutuhan yang mempunyai enam sub elemen berdasarkan  daya pengaruh yang tinggi sekaligus ketergantungan yang tinggi pula.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...