Jurnal Pendidikan Geosfer
Vol 5, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Geosfer

KESIAPSIAGAAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI BENCANA BANJIR DI KECAMATAN SIMEULUE CUT KABUPATEN SIMEULUE

Abdul Wahab Abdi (Dosen Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh)
Rika Mauliza Cahyani (Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, Darussalam Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2020

Abstract

Kesiapsiagaan adalah upaya yang dilakukan untuk mengurangi dan mengantisipasi resiko bencana yang kemungkinan terjadi melalui pengorganisasian dan penyusunan  rencana yang efektif ketika bencana akan datang. Adapun masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Kecamatan Simeulue Cut Kabupaten Simeulue. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana banjir di Kecamatan Simeulue Cut Kabupaten Simeulue. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Simeulue Cut. Sampel yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin sebanyak 97 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuisioner) berdasarkan sistem penilaian skala likert. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan tabulasi dengan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sembilan puluh tujuh responden dengan dua puluh pernyataan nilai tertinggi 60% menjawab sangat setuju, 37% setuju, 3% tidak setuju, dan 0,1% sangat tidak setuju. Berdasarkan data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa sebagian besar masyarakat Kecamatan Simeulue Cut memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana banjir.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPG

Publisher

Subject

Humanities Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Pendidikan dan Sains Geografi dengan fokus pembahasan pada: Pendidikan Sosial, Pendidikan Sains, Pendidikan Geografi, Fenomena Geosfer,Kelingkungan & Kewilayahan, Sistem Informasi Geografi, Penginderaan Jauh, Kajian Perpetaan, Evaluasi Lahan, Perencanaan Pembangunan, Pariwisata, serta Demografi, ...