Rumusan masalah penelitian ini yaitu apakah hasil belajar geografi menggunakan model pembelajaran group investigation lebih baik dibandingkan dengan model problem based learning dalam mata pelajaran geografi siswa Kelas XI di SMA Negeri 5 Banda Aceh. Populasi dalam penelitian adalah siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 5 Banda Aceh dengan total 69 siswa, sementara sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS1 sebanyak 24 siswa dan Kelas XI IPS2 sebanyak 24 siswa, jumlah keseluruhan sampel adalah 48 siswa. Teknik purposive sampling digunakan dalam pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pre-test dan post-test kepada siswa. Pengolahan data mengunakan statistik parametrik uji t. Hasil pengolahan data didapatkan thitung=-0,65 dan ttabel=1,6. Artinya thitung lebih kecil dari ttabel sehingga Ha ditolak. Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran group investigation adalah sama dengan hasil belajar siswa menggunakan model problem based learning pada siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh.
Copyrights © 2017