Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Al-Kifayah: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

Implementasi Manajemen Strategik Kepala Madrasah Untuk Menghadapi Era Revolusi 4.0

Meiliza Sari (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau)
Muhammad Fadhil (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Muhammad Amin (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al-Kifayah Riau)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen strategik kepala madrasah untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 di MAN 1 Pekanbaru. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subyek dari penelitian ini adalah kepala madrasah sedangkan objek-nya adalah manajemen strategik. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah 1) Kepala madrasah melakukan rapat kerja di awal tahun dengan seluruh stakeholder madrasah, menyusun strategi dengan mempertimbangkan faktor internal dan eksternal madrasah; 2) Membuat Evaluasi Diri Madrasah; 3) Membuat warga madrasah berkomitmen dari awal untuk tidak lari dari perencanaan; 4) Visi, misi, harapan tujuan dan sasaran yang go internasional; 5) Melibatkan seluruh warga madrasah untuk bereperan aktif; 6) Menggunakan Konsep the right man on the right place; 7) Tenaga pendidik dan kependidikan mampu menguasai teknologi; 8) Melakukan pengawasan secara terus-menerus dengan secara langsung dan tidak langsung; 9) Pendelegasian wewenang dalam pengawasan, 10) Evaluasi secara berkala dengan melakukan rapat rutin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

alkifayah

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus: This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring in education curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of teachers with the aim to advance our knowledge of education theory and practice. Moreover, this journal also covers the issues ...