Smart Techno (Smart Technology, Informatic and Technopreneurship)
Vol. 5 No. 1 (2023)

PROTOTYPE OPTIMALISASI SUHU PADA AUTOCLAVE BERBASIS OUTSEAL PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL ( PLC ) DENGAN MENGGUNAKAN HUMAN MACHINE INTERFACE ( HMI )

Yachya Trapsilo Rochim (Universitas Muhammadiyah Jember)
Bagus Setya Rintyarna (Universitas Muhammadiyah Jember)
Herry Setyawan (Universitas Muhammadiyah Jember)
Fitriana (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2023

Abstract

Sterilizer machine merupakan sebuah mesin yang dapat mensterilkan suatu benda yang bersifat logam seperti kaleng sehingga dapat menjaga kesterilan kaleng dari kuman dan bakteri. Pada suatu industri pengalengan ikan, sterilizer machine dapat berupa autoclave yang berfungsi untuk mensterilkan kemasan berupa kaleng dan memastikan olahan ikan terbebas dari bakteri dengan memanfaatkan suhu tinggi. Pengoperasian autoclave secara manual tanpa memanfaatkan teknologi informasi menyebabkan sering terjadi kelebihan suhu pada saat proses setrilisasi sehingga menyebabkan olahan ikan menjadi rusak. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu adanya prototipe optimalisasi suhu pada autoclave berbasis Outseal Programmable Logic Control (PLC) dengan menggunakan Human Machine Interface ( HMI ) sebagai kontrol sistem. Autoclave ini menggunakan sensor thermocouple kapasitif dan induktif untuk mendeteksi suhu. Alat ini juga menggunakan HMI sebagai sistem monitoring yang terhubung pada aplikasi smartphone ketika terjadi kelebihan suhu dan untuk menghentikan mesin ketika terjadi kerusakaan dengan menekan emergency stop. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, keberhasilan thermocouple dalam melakukan pendeteksian suhu adalah sebesar 100% dan tingkat keberhasilan untuk pembuangan uap secara otomatis mengunakan sensor solenoid adalah 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

smart-techno

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Smart-Techno merupakan jurnal ilmiah dan bersifat terbuka untuk menampung hasil penelitian ilmiah. Jurnal ini bersifat elektronik dengan harapan memungkinkan penyebaran informasi ilmiah tanpa batas ke seluruh wilayan Indonesia. Secara garis besar, Jurnal Smart-Techno menampung hasil karya ...