ICO EDUSHA
Vol. 3 No. 1 (2022): ICO EDUSHA : The 3rd ICO EDUSHA 2022 The Muslim Research Community

ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT DI DESA LUWUNG KEC SIDOARJO KAB SIDOARJO (STUDI KASUS HOME INDUSTRI KERUPUK PULI DESA LUWUNG SIDOARJO)

Asep Kholidul Mufid (STAI AN NAJAH INDONESIA MANDIRI SIDOARJO)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2023

Abstract

Home industry merupakan suatu peluang usaha ekonomi produktif yang mana dilakukan oleh orang perorangan atau suatu badan usaha dalam rangka meningkatkan pendapatan. Home industry ini mempunyai peran penting yaitu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat setempat dalam meningkatan penghasilan sehingga bisa untuk mencukupi kebutuhan keluarganya seperti terpenuhinya pangan, kesehatan, kebutuhan pendidikan untuk anaknya dan kebutuhan lainnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan UMKM dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di desa luwung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian : (a). bahwa dengan adanya Home industry kerupuk puli ini menjadi suatu strategi dalam Usaha Mikro dan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat, khususnya wilayah Desa Luwung Kec.Sidoarjo Kab.Sidoarjo Jawa Timur (b) Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan menunjukan bahwa, home industry kerupuk puli milik ibu Askartaningsih ini menggunakan strategi pengembangan bauran pemasaran (marketing mix) yang mana meliputi produk yang halal, harga yang terjangkau, promosi yang transparan. Kata Kunci: UMKM, home industry,pendapatan References Ariani, Ariani, and Mohamad Nur Utomo. “KAJIAN STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA TARAKAN.” Jurnal Organisasi dan Manajemen 13, no. 2 (September 27, 2017): 99–118. https://doi.org/10.33830/jom.v13i2.55.2017. Fawaid, Achmad, and Erwin Fatmala. “Home Industri Sebagai Strategi Pemberdayaan Usaha Mikro Dalam Meningkatkan Financial Revenues Masyarakat.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan 14, no. 1 (June 21, 2020): 109. https://doi.org/10.35931/aq.v14i1.342. Idayu, Riyanthi, Mohamad Husni, and Suhandi Suhandi. “Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa di Desa Nembol Kecamatan Mandalawangi Kabupaten Pandeglang Banten” 7, no. 1 (July 6, 2021): 73. https://doi.org/10.35906/jm001.v7i1.729. Nurzamzami, Ayatusyifa, and Edward H Siregar. “Peningkatan Daya Saing UMKM Alas Kaki di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor dan Implikasinya terhadap Strategi Pemasaran,” no. 1 (2014): 15. Pangestika, Putri, and Imam Santoso. “The Development Strategy of Potential Business of Micro, Small, and Middle Enterprises (MSMEs) with Financial Credit Supporting Program (Case Study: MSMEs of XYZ Regency)” 5, no. 2 (August 30, 2016): 84–95. Rahmadani, Suci. “Analisis Strategi Pengembangan UMKM dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Desa Padang Brahrang Kec.Selesai Kab.Langkat (Studi Kasus Pada Home Industri Krupuk & Keripik).” Maslahah: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 3 (October 23, 2021): 115–29. https://doi.org/10.56114/maslahah.v2i3.160. Utami, Rahayu Sri, Handeo Ginting, and Muhammad Khairil. “Analisis Dampak Covid-19 Terhadap Perkembangan Umkm (Studi Kasus : Home Industri Kopi Sikarta) Di Desa Sialang Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang.” JURNAL WIDYA 1, no. 1 (April 5, 2020): 30–42. https://doi.org/10.54593/awl.v1i1.40.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prd

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Proceedings of Annual Conference for Education Management and Sharia Economics The journal publishes articles of interest to education practitioners, teachers, education policy makers, and researchers. This journal encompasses research articles, original research report, reviews in Islamic education ...