Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 3 No. 1 (2023): JECCO: Fifth Edition

Strategi pengembangan Badan Usaha Milik Desa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Nabila Sufah (Universitas Negeri Padang)
Hasrul Hasrul (Universitas Negeri Padang)
Suryanef Suryanef (Universitas Negeri Padang)
Henni Muchtar (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Koto Dua Kecamatan Pesisir Bukit Kota Sungai Penuh. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan Kepala Desa Koto Dua, Ketua BPD, tokoh masyarakat, tokoh pemuda Desa Koto Dua, Badan Pengawas BUMDesa Karya Mandiri, dan pengelola BUMDesa Karya Mandiri. Data didapatkan dengan metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang selanjutnya diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik triangulasi sumber. Data kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan BUMDesa dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Koto Dua meliputi pertama strategi organisasi yaitu perumusan visi dan misi melibatkan stakeholder dan program yang dijalankan telah sesuai dengan visi dan misi BUMDesa Karya Mandiri. Kedua strategi pendukung sumber daya belum dijalankan dengan optimal karena masih terdapat kendala. Ketiga Strategi program dilihat dari program BUMDesa Karya Mandiri berdampak positif bagi BUMDesa tersebut dan bagi masyarakat Desa Koto Dua. Jadi, strategi pengembangan BUMDesa belum seutuhnya dilakukan dengan optimal karena terdapat hambatan yang dalam pelaksanaan strategi pengembangan BUMDesa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...