Gema Wiralodra
Vol. 14 No. 1 (2023): Gema Wiralodra

Perusahaan Sektor Transportasi: Apakah ada Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Sebelum dan Saat Pandemi Covid 19?

Putri Natasya (Universitas Widyatama, Indonesia)
Roosaleh Laksono T.Y. (Universitas Widyatama, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kinerja keuangan (Current Ratio, Debt to Equity Ratio, Return On Assets, Return On Equity, dan Earning Per Share) secara simultan, parsial dan dominan terhadap harga saham perusahaan sektor transportasi yang listing di BEI sebelum dan saat Covid-19. Data yang diambil pada penelitian ini dari 2018 sampai tahun 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode purposive sampling. Hasil sampel diperoleh 10 perusahaan yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan dari total 30 populasi perusahaan sektor transportasi yang listing di BEI. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder, diperoleh dari web finance.yahoo.com dan www.idx.com. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CR (Current Ratio) dan DER (Debt to Equity Ratio) tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan jasa tranportasi yang terdaftar di BEI pada periode 2018- 2021. ROA (Return On Assets), ROE (Return On Equity), dan Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan jasa tranportasi yang terdaftar di BEI pada periode 2018-2021. Earning Per Share (EPS) berpengaruh signifikan terhadap harga saham pada perusahaan jasa tranportasi yang terdaftar di BEI pada periode 2018-2021.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

gemawiralodra

Publisher

Subject

Other

Description

Gema Wiralodra adalah jurnal yang dikelola oleh LPPM Universitas Wiralodra. Gema Wiralodra telah ada sejak tahun 2005 dan merupakan jurnal pertama di Universitas Wiralodra. Gema Wiralodra merupakan jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan dua kali setahun (bulan April dan bulan Oktober) yang ...