Validitas pengukuran hasil belajar sangat ditentukan oleh instrumen evaluasi yang digunakan. Sebuah instrument dikatakan layak digunakan jika instrumen tersebut memenuhi unsur valid, reliabel, praktis dan efektif dalam penggunaannya.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrument evaluasi berupa rubrik kinerja pada mahasiswa kebidanan ketika melakukan praktik promosi kesehatan.Penelitian ini berjenis penelitian pengembangan (Research and Development) yang mengadopsi langkah penelitian pengembangan Borg and Gall. Penelitian ini berfokus pada pengembangan produk yakni instrumen rubrik kinerja. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif yaitu dengan uji pakar dan teknik kuantitatif yakni dengan melakukan uji coba lapangan pada 64 responden mahasiswa kebidanan semester IV.Hasil penelitian ini menunjukkan dari 15 butir soal terdapat beberapa butir soal yang belum valid yaitu butir no 1, 6, 10 dan 15 sehingga masih memelukan revisi kembali dan nilai reliabilitasnya adalah 0,538 artinya belum memiliki keandalan yang tinggi. Oleh karenanya produk rubrik kinerja yang dihasilkan ini masih perlu disempurnakan kembali agar menjadi instrument evaluasi yang valid, reliabel, praktis serta efektif digunakan untuk mengukur keterampilan mahasiswa dalam melakukan praktik promosi kesehatan
Copyrights © 2023