Education Enthusiast : Jurnal Pendidikan dan Keguruan
Vol 3, No 4 (2023): Februari

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE-MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID)

Zulfikar Zulfikar (Universitas Jabal Ghafur)
Taufiq Taufiq (Universitas Jabal Ghafur)
Hery Saputra (Universitas Jabal Ghafur)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Dilatarbelakangi tujuan pembelajaran matematika siswa menggunakan bahasa yang matematis dan mudah dipahami serta dipersiapkan untuk dapat mengembangkan pemikiran yang inovatif dan kreatik sehingga penulis menarik untuk mengambil judul skripsi ini dengan judul : Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Intructional Design. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di SMA Indra Jaya yang bersampelkan kelas X MIPA 1 dengan jumlah 24 siswa. Setelah peneliti mengguji data tersebut dengan uji t melalui test of normality Pre Test dan Post Tes SPSS 20 diperoleh signifikasi 0,020 (pre tes) dan 0,274 (post tes0 yang lebih besar dari 0,05 maka data tersebut normal. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima” artinya ada perbedaan antara hasil belajar matematika untuk Pre Test dan Post Test, sehungga dapat disimpulkan pula bahwa ”ada pengaruh Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Intructional Design pada siswa X IPA SMA Negeri 2 Indra Jaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

EE

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Education Enthusiast: Jurnal Pendidikan dan Keguruan (ISSN 2774-9916, eISSN 2745-603X) is a double-blind peer-reviewed journal on education and teacher training. The journal is intended to provide academic forums for researchers who are interested in the discussion of current and future issues on ...