Medani : Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 3 (2022): Desember 2022

Peran Media Sosial Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan UMKM Di Desa Mesjid, Kecamatan Batang Kuis

Nel Arianty (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Bima Ghafara (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2022

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat menuntut masyarakat untuk mulai mengenal dan selalu berhubungan dengan internet. Salah satu gaya hidup baru yang lahir adalah belanja melalui media sosial. Media sosial tidak hanya digunakan oleh perusahaan besar, tetapi juga digunakan oleh usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam menawarkan atau memasarkan produk. Tujuan kegiatan ini dilakukan untuk mengidentifikasi pemanfaatan media sosial dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM di Desa Mesjid, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang. Dari hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan pendapatan UMKM, produk yang dipasarkan akan lebih mudah dikenal oleh konsumen sehingga memudahkan dalam mendapatkan konsumen. Adapun manfaat penggunaan media sosial dari kegiatan ini dapat menghemat biaya promosi serta meningkatkan proses pertukatan jual beli sehingga pada akhirnya akan dapat meningkatkan daya saing bagi UMKM di Desa Mesjid, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Medani Jurnal Pengabdian Masyarakat is a publication media for the results of Community Service in the Social, Science, and Applied Sector. Medani received articles from community service to be published covering the scope of Economics, Social Affairs, Agriculture, Environment, Education, Health, ...