Jurnal Teknik Mesin, Industri, Elektro dan Informatika
Vol. 2 No. 1 (2023): Maret : JURNAL TEKNIK MESIN, INDUSTRI, ELEKTRO DAN INFORMATIKA

Analisis Performansi Aktivitas Green Suplly Chain Management Dengan Metode Green Scor Berbasis AHP Dan OMAX (Studi Kasus: Perusahaan Minyak dan Gas)

Yahya Rizky Setiyono (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Dira Ernawati (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Ekspansi industri minyak dan gas di Indonesia menyebabkan sejumlah masalah lingkungan, yang berdampak buruk pada operasi perusahaan. Salah satu pendekatan untuk memperbaiki masalah ini adalah dengan menggunakan strategi Green SCM yang efektif. PT. ABC adalah salah satu perusahaan minyak dan gas yang belum berhasil mengimplementasikan ide Green SCM, dan sebagai akibatnya, kebocoran pipa pada proses produksi perusahaan telah mengakibatkan kerusakan lingkungan yang cukup besar. Sehubungan dengan hal ini, para peneliti berangkat untuk menilai efektivitas program manajemen rantai pasokan hijau (SCM) dalam tingkat performansi nya. Dalam penelitian ini, kami menggunakan metode skoring yang disebut Green SCOR yang mencakup pembobotan AHP dan OMAX. Sebanyak tujuh belas indikator kinerja utama (KPI) dihasilkan oleh lima model Green SCOR yang digunakan dalam pemrosesan data (plan, source, make, delivery, dan return). Ada 17 indikator kinerja utama, dengan tiga warna merah, dua warna kuning, dan dua belas warna hijau. Dengan skor akhir 6,754 pada tingkat kinerja Green SCM, nilai ini masuk dalam kategori kuning, yang menunjukkan bahwa meskipun mendekati target, (rata-rata), atau pencapaian, namun indikator kinerja tersebut belum terpenuhi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtmei

Publisher

Subject

Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering

Description

JTMEI merupakan jurnal ilmiah berkala dengan ciri khas/identitas bidang Teknik (Mekanik, Elektrikal, Industri, Informatika, Sipil dan Sains). Tema makalah ini difokuskan pada aplikasi industri baru, kelautan dan pengembangan energi hijau yang ...