EDUTECH: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol 1, No 01 (2015): EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial

Efektifitas Penggunaan Metode Base Method dalam Meningkatkan Kreatifitas dan Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 10 Padangsidempuan

Agus Makmur (Unknown)
Asrar Aspia (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2015

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk   mengetahui  peningkatan  kreativitas   dan motivasi belajar            matematika      siswa   khususnya        pada    materi  menyelesaikan persamaan kuadrat, dengan base method, guru dapat mengetahui peningkatan kreativitas   dan   motivasi   belajar matematika        siswa   khususnya   pada    materi menyelesaikan persamaan kuadrat, dan penggunaan base method    dapat mengefektivitaskan peningkatan kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa khususnya pada materi menyelesaikan persamaan kuadrat. Dari hasil penelitian dapat dilihat dari 33 orang siswa terhadap efektivitas, kreativitas dan motivasi belajar siswa setelah diadakan pembelajaran dengan base method .Peningkatan hasil observasi kreativitas rata – rata siklus I ( 56,082 % ) dan siklus II ( 76,5 % ), dengan peningkatan ( 20,418 % ) sedangkan peningkatan hasil observasi motivasi rata – rata siklus I ( 108,9 % ) dan siklus II ( 144,5 % ), dengan peningkatan ( 35,6 % ). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan base method pada pokok bahasan menyelesaikan persamaan kuadrat terjadi peningkatan terhadap kreativitas dan motivasi belajar matematika siswa kelas IX SMP N 10 Padangsidimpuan.

Copyrights © 2015