Komunikasi : Jurnal Komunikasi
Vol 14, No 1 (2023): Maret 2023

Strategi Public Relations di Masa Pandemi Covid-19 untuk Mempertahankan Citra Lembaga Pendidikan Tinggi

Mukhlish Muhammad Maududi (Fisip, Universitas Muhammadiyah Prof Dr HAMKA, Jakarta, Indonesia)
Sari Ekowati (Ilmu Komunikasi, Universitas Bina Sarana Informatika, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2023

Abstract

Dalam kondisi wabah Covid-19 semua institusi harus memiliki strategi sebagai cara untuk tetap eksis ditengah pandemi salah satu dengan menerapkan strategi public relations, tak terkecuali Lembaga-lembaga pendidikan tinggi, penelitian ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran bagaimana strategi lembaga pendidikan dalam masa pandemi covid-19 meningkatkan citra publik yang akan dianalisa dengan metode kajian pustaka dimana dokumen-dokumen berupa buku dan data-data digital menjadi sumber primer, penelitian ini menghasilkan gambaran bagaimana penerapan strategi public relations digunakan, dengan apa yang dinamakan dengan Three Ways Strategy, dengan adanya new media strategi ini bisa berhasil, strategi Pull strategy, menarik perhatian publik dengan sebaran informasi melalui media social instagram dan YouTube serta situs berita, (b) Push strategy memberikan layanan yang memudahkan konsumen dengan membuat sistem yang terpadu, (c) Pass strategy menciptakan image Lembaga Pendidikan yang peduli terhadap kondisi yang dihadapi publik dengan memberikan bantuan kepada publik, menjadi centra pemberian vaksin, dengan penerapan tiga strategi ini Lembaga pendidikan tinggi nilai berhasil menaikkan citra.

Copyrights © 2023