Indonesia diramaikan dengan keputusan pemerintah mengenai kenaikan BBM pada September 2020, hal tersebut mengundang banyak tanggapan dari masyarakat Indonesia dengan berbagai macam tanggapan khususnya pada platform social media twitter. Sebagian masyarakat mendukung kenaikan tersebut dengan alasan agar Indonesia dapat segera membereskan keperluan negara tentang administrasi ke negara luar, tetapi tidak sedikit masyarakat yang protes dengan adanya hal tersebut karena dianggap tidak memperhatikan perekonomian masyarakat yang sedang tidak baik. Tujuan penelitian ini adalah melakukan analisis sentiment untuk mengetahui tanggapan masyarakat Indonesia mengenai kenaikan BBM apakah bernada positif, negative atau netral. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Artificial Neural Network dimana metode ini sudah banyak digunakan dalam proses klasifikasi data text dan menghasilkan akurasi yang tinggi. Dataset yang digunakan yaitu tanggapan masyarakat dari platform twitter yang diambil dengan cara crawling data dan berjumlah 1.210 dataset dengan 2 atribut yaitu id dan isi twitter. Hasil dari penelitian yaitu performa metode ANN mencapai 83.4% akurasi.
Copyrights © 2023