Reforma : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 11, No 2 (2022): Desember

Pembaruan Pendidikan Islam Melalui Peran Guru Berbasis Pendidikan Profetik

Madekhan Madekhan (Universitas Islam)
Anang Fakhrur Rozi (Universitas Islam Lamongan)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Pendekatan mikrokosmos Pendidikan menempatkan pembelajaran Pendidikan Islam sebagai aktifitas menyenangkan peserta didik. Pengembangan potensi kognitif, afektif, dan psikomotorik berpusat pada kompetensi guru. Guru adalah pelaku utama untuk dapat mencapai keberhasilan dari tujuan pembelajaran, sekaligus setiap langkah pembaruan pendidikan. Guru seharusnya menciptakan suatu inspiring teaching dengan melalui kompetensinya kepribadian, profesional, pedagogik, dan sosial. Sayangnya, situasi kekinian dalam pembelajaran, peran dominan guru menjadi hambatan dalam perkembangan kemampuan peserta didik. Orientasi pembelajaran yang sekedar mengejar target penuntasan bahan ajar menyebabkan peserta didik sering tidak nyaman dan tidak mampu mengembangkan kemandirian dan kemampuan berpikir kritis. Peran guru berbasis pendidikan profetik, menjadi alternatif yang sangat relevan untuk efektifitas pembaruan Pendidikan Islam. Di sini, pengembangan kompetensi guru berpijak pada tiga pilar: transendensi, humanisasi dan liberasi. Pilar transendensi berpusat pada ikhtiar literasi keagamaan peserta didik. Praktek liberasi didasari interaksi kelas yang selalu membawa misi akhlak kenabian. Pilar humanisasi dapat dilihat dari inisiatif guru yang mampu menjadikan perbedaan antar peserta didik sebagai potensi mereka menjadi pribadi yang unggul dan berkarakter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Immunology & microbiology Languange, Linguistic, Communication & Media Physics Social Sciences

Description

Sebagai jurnal kajian penelitian pendidikan dan pembelajaran, kehadiran Reforma dimaksudkan untuk penampung ide, gagasan dan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang dihasilkan oleh para praktisi, pemikir dan ahli di bidang pendidikan dan ...