Model pembelajaran Problem Based Learning atau berbasis masalah ini digunakan oleh beberapa tenaga pendidik untuk digunakan pada proses pembelajaran di masa new normal. Dalam penelitian ini ditunjukan bentuk pembelajaran fisika di masa new normal, bentuk model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gamifikasi Wordwall, serta efektifitas penggunaan model PBL berbasis gamifikasi Wordwall yang diterpakan pada pembelajaran fisika di masa new normal. Metode penelitian yang digunakan yakni metode studi pustakaan atau library research. Untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini agar berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik dibutuhkan tiga aspek yaitu dari aspek kesiapan tenaga pendidik, aspek peserta didik, dan aspek media. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, maka peneliti akan mengembangkan inovasi dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan metode gamifikasi yaitu Wordwall pada pembelajaran fisika di masa new normal. Penggunaan model PBL yang dipadupadankan dengan gamifikasi Wordwall ini tergolong efektif namun harus ada penyesuaian keamampuan dasar dari peserta didik.
Copyrights © 2022