JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 3 No. 2 (2022): September| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

Kajian Model Problem Based Learning Berbasis Gamifikasi Wordwall Untuk Pembelajaran Fisika Di Masa New Normal

Silvia Laeli (Universitas Ahmad Dahlan)
Okimustava Okimustava (Universitas Ahmad Dahlan)
Efi Kurniasari (Universitas Ahmad Dahlan)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning atau berbasis masalah ini digunakan oleh beberapa tenaga pendidik untuk digunakan pada proses pembelajaran di masa new normal. Dalam penelitian ini ditunjukan bentuk pembelajaran fisika di masa new normal, bentuk model pembelajaran Problem Based Learning berbasis gamifikasi Wordwall, serta efektifitas penggunaan model PBL berbasis gamifikasi Wordwall yang diterpakan pada pembelajaran fisika di masa new normal. Metode penelitian yang digunakan yakni metode studi pustakaan atau library research. Untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini agar berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik dibutuhkan tiga aspek yaitu dari aspek kesiapan tenaga pendidik, aspek peserta didik, dan aspek media. Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, maka peneliti akan mengembangkan inovasi dalam proses Kegiatan Belajar Mengajar dengan menggunakan metode gamifikasi yaitu Wordwall pada pembelajaran fisika di masa new normal. Penggunaan model PBL yang dipadupadankan dengan gamifikasi Wordwall ini tergolong efektif namun harus ada penyesuaian keamampuan dasar dari peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...