Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 3, No 1 (2023): Februari

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF PADA ANAK KELOMPOK B MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK DENGAN MEDIA FLASHCARD

Azrina Nursyafitri (ULM)
Ahmad Muhyani Rizalie (ULM)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aspek sosial emosional sikap percaya diri anak yang masih belum berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan kemampuan sosial emosional khusus nya sikap percaya diri anak. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Pugaan Kabupaten Tabalong pada kelompok A yang berjumlah 14 orang anak. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif untuk aktivitas guru dan anak, sedangkan data kuantitatif untuk enentukan hasil perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru memperoleh kategori sangat baik. aktivitas anak memperoleh kategori sangat aktif dan hasil perkembangan aspek sosial emosional memperoleh kategori berkembang sesuai harapan (BSH) dan berkembang sangat baik (BSB). Dapat disimpulkan bahwa menggunakan model discovery learning, metode demonstrasi dan talking stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...