Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini
Vol 3, No 1 (2023): Februari

MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA BONEKA TANGAN

Ira Nurviani (ULM)
Ririanti Rachmayani Jamain (ULM prodi BK)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2023

Abstract

Perkembangan bahasa ekspresif anak dalam berkomunikasi masih belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil capaian perkembangan bahasa ekspresif anak. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada tahun ajaran 2021/2022 dengan 3 siklus. Setting penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Khadijatul Kubra Banjarmasin berjumlah 10 orang. Data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, aktivitas anak dan lembar hasil capaian perkembangan beserta rubrik penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada setiap pertemuan mengalami peningkatan, Pada aktivitas guru sampai kriteria baik, Capaian aktivitas anak dengan kriteria “sangat aktif”. Hasil perkembangan Bahasa Ekspresif “Berkembang Sangat Baik” secara klasikal yaitu 80%. Saran bagi guru adalah sebagai bahan pembelajaran alternatif dalam upaya meningkatkan perkembangan aspek bahasa ekspresif anak dalam kegiatan bercerita menggunakan media boneka tangan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jikad

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD) merupakan kumpulan artikel/jurnal tugas akhir mahasiswa PG PAUD di bidang Pendidikan Anak Usia Dini. JIKAD mulai diterbitkan pada tahun 2021 di Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas ...