Sinergi Polmed : Jurnal Ilmiah Teknik Mesin
Vol. 4 No. 1 (2023): Edisi Februari

EFISIENSI PERPINDAHAN PANAS PADA ALAT PENUKAR KALOR TIPE CANGKANG DAN PIPA PT PETROKIMIA GRESIK

salma sekarningrum (Program Studi Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur, 60293, Indonesia)
Rizka Amalia Kusuma Putri (PT Petrokimia Gresik, Jl. Jenderal Ahmad Yani, Ngipik, Karangpoh, Gresik, Jawa Timur, 61119, Indonesia)
Sani Sani (Program Studi Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, Jl. Raya Rungkut Madya, Gunung Anyar, Surabaya, Jawa Timur, 60293, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2023

Abstract

Alat penukar kalor adalah alat yang digunakan untuk memindahkan panas dari sistem ke sistem lain tanpa perpindahan massa dan bisa berfungsi sebagai pemanas maupun sebagai pendingin. Biasanya, medium pemanas yang dipakai adalah air yang dipanaskan sebagai fluida panas dan air biasa sebagai air pendingin (cooling water). Petrokimia Gresik memiliki alat penukar kalor tipe cangkang dan pipa (shell and tube) yang berfungsi sebagai pendingin pada proses absorpsi. Alat penukar kalor berfungsi untuk mengatur temperatur H2SO4 yang akan masuk ke absorber. Oleh karena itu, alat penukar kalor E-1303 dituntut untuk memiliki kinerja yang baik agar produk berupa H2SO4 diperoleh secara maksimal. Data yang digunakan berupa data desain dan data aktual dimana diperoleh tekanan turun pada cangkang (ΔPS) sebesar 9,5403 psi dan tekanan rendah pada pipa (ΔPT) sebesar 9,3537 psi untuk data desain serta nilai tekanan rendah data aktual pada shell (ΔPS) sebesar  9,4606 psi dan tekanan rendah pada pipa (ΔPT) sebesar 7,5972 psi. Hasil tersebut menunjukkan tekanan rendah yang didapat dibawah nilai penurunan tekanan. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kinerja alat penukar kalor E-1303 berdasarkan data desain dapat dikatakan dalam kinerja yang baik dinilai dari aspek faktor pengotor (Rd) dan tekanan rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Sinergi

Publisher

Subject

Automotive Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Materials Science & Nanotechnology Mechanical Engineering

Description

SINERGI POLMED: Jurnal Ilmiah Teknik Mesin Politeknik Negeri Medan, adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Polmed Press, Politeknik Negeri Medan dan melalui blind review dengan p-ISSN: 2089-7766. Ruang lingkup jurnal ini meliputi dibidang Teknik mesin, Teknik konversi energi, energi baru ...