International Journal of Travel, Hospitality and Events
Vol. 2 No. 1 (2023): International Journal of Travel, Hospitality and Events

Studying the Consumption Behaviour of Generations Y and Z towards Ready-To-Drink Coffee

Ramon Hurdawaty (Politeknik Sahid)
FX Setiyo Wibowo (Udayana University and Sahid Polytechnic)
Reni Sulistiyowaty (Politeknik Sahid)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2023

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perilaku konsumsi baik Gen Y maupun Gen Z terhadap kopi siap minum di Indonesia. Metode penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan metode kuantitatif. Survei dilakukan terhadap 200 responden yang menggunakan media online dengan mengirimkan kuesioner elektronik yang terdiri dari 16 pertanyaan terkait perilaku konsumsi kopi dan 6 pertanyaan demografis. Hasil dan Pembahasan : Generasi Y dan Z menyukai kopi cold brewed, lebih suka minum kopi di kedai kopi sambil bersosialisasi, membeli kopi dengan kisaran harga tertinggi Rp 20.000-29.000, sering menggunakan delivery service dengan memesan melalui aplikasi. Implikasi : sudah selayaknya pemilik kedai kopi melakukan bauran pemasaran (4P) yaitu produk, promosi, harga dan tempat (bauran distribusi) dengan mengacu pada perilaku konsumsi kopi dari mereka, sehingga keberlangsungan produk siap saji -bisnis minuman kopi bisa tercapai.   Kata kunci: generasi Y dan Z, kopi siap minum, perilaku konsumsi

Copyrights © 2023