Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol 3 No 2 (2022): Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Kebijakan Inovasi Pendidikan Karakter Melalui Permainan Digital Ludo Untuk Anak Usia Dini Di Era 5.0

Dea Silviani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Artikel ini dilakukan untuk memahami muatan nilai karakter yang berada pada permainan digital salah satu contohnya adalah ludo. Subjek penelitian ini adalah anak didik dan pendidik di Kober Nurfaridah. Tekhnik perhimpunan data yang digunakan melalui metode observasi dan wawancara yang nantinya ditungkan dalam bentuk metode penelitian kuanlitatif. Tekhnik analisis menggunakan model interaktif yang diterapkan oleh pendidik kepada peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkan proses pendidikan karakter yang ditekankan pada permainan digital dapat dilihan dari permainan ludo. Permainan tersebut memanfaatkan kecanggihan digital di era 5.0 yang dapat menstimulus kecerdasan kognitif, bahasa, motorik halus, dan membentuk karakter anak dalam menerapkan kejujuran, kesabaran, percaya diri, tanggung jawab, dan komitmen sebagai suatu gambaran harapan atau tujuan anak diusia dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hasil penelitian yang dipublikasikan terkait dengan penelitian berikut: 1. Asesmen untuk anak usia dini 2. Perkembangan Sosial dan Emosional AUD 3. Perkembangan Kognitif dan Bahasa AUD 4. Perkembangan Fisik Motorik AUD 5. Pengembangan kurikulum Pendidikan anak usia dini 6. Perkembangan Sains dan ...