Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak
Vol 3 No 2 (2022): Hadlonah : Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak

Pengaruh APE Es Krim Huruf Hijaiyah Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah di TK ABA Ie Dingen Meukek, Aceh Selatan

Lina Amelia (UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Muthmainnah Muthmainnah (UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Erni Tryani (UIN Ar-Raniry Banda Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

APE es krim hijaiyah merupakan modifikasi bentuk dari kartu huruf hijaiyah yang berbentuk es krim hijaiyah. Observasi awal di TK ABA Ie Dingen Meukek Aceh Selatan pada anak usia 5-6 tahun TK B dari 12 orang anak terdapat 7 orang anak yang sudah mampu menghafal huruf hijaiyah dengan benar, 3 orang yang sudah bisa mengenal dan membedakan huruf hijaiyah dengan benar, 5 orang yang belum mampu menghafal huruf hijaiyah dengan benar, dan 9 orang yang belum mampu mengenal/membedakan huruf dengan benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh APE es krim huruf hijaiyah terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di TK ABA Ie Dingen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan metode test dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen jenis One group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil uji-t dari proses pengenalan huruf hijaiyah menggunakan APE es krim huruf hijaiyah diperoleh thitung > ttabel yaitu 16,19 > 1.833. Dengan demikian terjadi penolakan Ho dan penerimaan Ha yang artinya terdapat pengaruh APE es krim huruf hijaiyah terhadap peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah di TK ABA Ie Dingen Meukek Aceh Selatan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hadlonah

Publisher

Subject

Education

Description

Hasil penelitian yang dipublikasikan terkait dengan penelitian berikut: 1. Asesmen untuk anak usia dini 2. Perkembangan Sosial dan Emosional AUD 3. Perkembangan Kognitif dan Bahasa AUD 4. Perkembangan Fisik Motorik AUD 5. Pengembangan kurikulum Pendidikan anak usia dini 6. Perkembangan Sains dan ...