Proses pembelajaran diarahkan untuk dapat berfokus pada bagaimana membuat peserta didik untuk berpartisipai aktif. Salah satu metode dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik adalah melalui metode diskusi. Observasi dilapangan ditemukan bahwa pendidik mengalami kesulitan dalam proses penentuan pembagianan kelompok diskusi. Pembagian kelompok diskusi diharapkan mempertimbangkan ranah kecerdasan peserta didik agar lebih efektif. Berdasarkan permasalahan, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan merancang serta mengembangkan aplikasi sistem pendukung keputusan terkait masalah pembentukan kelompok diskusi dengan mempertimbangkan multiple intelligences peserta didik. Penelitian yang dilakukan berupa research and development menggunakan model pengembangan waterfall. Pembobotan yang digunakan dalam pengambilan keputusan menggunakan model simple additive weighting. Pengujian kualitas dari aplikasi yang dikembangkan menggunakan standar Web-QEM. Hasil pengujian mendapatkan kesimpulan bahwa aplikasi group discussion berdasarkan multiple intelligences memenuhi penilaian standar kualitas.
Copyrights © 2022