Jurnal Teknik
Vol 20 No 2 (2022): Jurnal Teknik

Pengembangan Aplikasi Group Discussion Berdasarkan Multiple Intelligences

Bait Syaiful Rijal (Universitas Negeri Gorontalo)
Dian Novian (Universitas Negeri Gorontalo)
Huzaima Mas’ud (Universitas Negeri Gorontalo)
Akhi Ha Runi Nur Rahayu (SMK N 1 Pajangan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Proses pembelajaran diarahkan untuk dapat berfokus pada bagaimana membuat peserta didik untuk berpartisipai aktif. Salah satu metode dalam meningkatkan partisipasi aktif peserta didik adalah melalui metode diskusi. Observasi dilapangan ditemukan bahwa pendidik mengalami kesulitan dalam proses penentuan pembagianan kelompok diskusi. Pembagian kelompok diskusi diharapkan mempertimbangkan ranah kecerdasan peserta didik agar lebih efektif. Berdasarkan permasalahan, perlu dilakukan penelitian dengan tujuan merancang serta mengembangkan aplikasi sistem pendukung keputusan terkait masalah pembentukan kelompok diskusi dengan mempertimbangkan multiple intelligences peserta didik. Penelitian yang dilakukan berupa research and development menggunakan model pengembangan waterfall. Pembobotan yang digunakan dalam pengambilan keputusan menggunakan model simple additive weighting. Pengujian kualitas dari aplikasi yang dikembangkan menggunakan standar Web-QEM. Hasil pengujian mendapatkan kesimpulan bahwa aplikasi group discussion berdasarkan multiple intelligences memenuhi penilaian standar kualitas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jt

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Teknik (JT) is a peer-reviewed journal published by Faculty of Engineering, State University of Gorontalo. JT is published two times annually, in June and December. JT provides a place for academics, researchers, and practitioners to publish scientific articles. The scope of the articles ...