Capacitarea : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 2 No 02 (2022)

PENERAPAN TEKNOLOGI DAN PENINGKATAN KUALITAS PRODUK LAZIS BAITURRAHMAN MELALUI IT SOSIAL MEDIA

Nikmatuniayah Nikmatuniayah (Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah)
Marliyati Marliyati (Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah)
Jati Handayani (Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah)
Lilis Mardiana A (Politeknik Negeri Semarang, Semarang, Jawa Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

ABSTRAK Tujuan utama program ini adalah peningkatan kualitas produk melalui IT di media sosial. Dalam usulan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun ini (2020) telah disepakati bersama, bahwa permasalahan diprioritaskan dalam aspek sebagai berikut: (1) Bagaimana mengimplementasikan teknik pembuatan dan editing video yang handal (2) Bagaimana menerapkan teknik pemasaran onine via sosial media yang jitu tahun 2020. Metode yang digunakan sebagai berikut : (1) Sosialisasi program dan kerjasama. (2) Pelatihan Pembuatan video dan teknik editing video. (3) Pelatihan pemasaran produk secara online melalui Teknologi Informasi Sosial Media. (4) Pendampingan dan Praktek upoad video siap tayang di Youtube dan Sosial Media Lazis Baiturrahman. Setelah mengikuti pendampingan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Polines, Lazis Baiturrahman dapat mencapai target sebagai berikut: Pengelola Lazis Baiturrahman mampu membuat dan mengedit video sendiri dengan handal. Pengelola Lazis Baiturrahman mampu memasarkan produk secara online via sosmed dengan menarik masyarakat luas. Luaran yang dihasilkan dari pendampingan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1) Tersedia Video pengenalan produk yang menarik dan siap diupload di youtube atau sosial media. (2) Tersedia Kelompok produk layanan siap dipublikasi, yang terdapat di sosial media: Facebook atau Instagram. Kata Kunci: Peningkatan, Kulitas produk, IT, sosial media ABSTRACT The main objective of this program is to improve product quality through IT on social media. In the proposed community service activities this year (2020) it has been mutually agreed that problems are prioritized in the following aspects: (1) How to implement reliable video creation and editing techniques (2) How to apply accurate online marketing techniques via social media in 2020 The methods used are as follows: (1) Program socialization and cooperation. (2) Training on video making and video editing techniques. (3) Online product marketing training through Social Media Information Technology. (4) Assistance and practice of uploading ready-to-broadcast videos on Youtube and Lazis Baiturrahman Social Media. After participating in the assistance of the Polynesian Community Service Team, Lazis Baiturrahman was able to achieve the following targets: Lazis Baiturrahman managers are able to make and edit their own videos reliably. The manager of Lazis Baiturrahman is able to market their products online via social media by attracting the wider community. The outputs resulting from this assistance for community service activities are: (1) An interesting product introduction video is available and is ready to be uploaded on YouTube or social media. (2) Available groups of service products ready for publication, which can be found on social media: Facebook or Instagram. Keywords: Improvement, product quality, IT, social media.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

CAPACITAREA

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Social Sciences

Description

CAPACITAREA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat adalah jurnal multidisiplin ilmiah yang diterbitkan Sekolah Pascasarjana Universitas Pancasila merupakan jurnal yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Lingkup bidang pengabdian kepada masyarakat ...