Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)
Vol 3 No 1 (2023): Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa)

HUBUNGAN GRIT DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA

Brilliant Dwi Izzulhaq (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Tonih Feronika (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)
Aini Nadhokhotani Herpi (Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2023

Abstract

Karakteristik seseorang yang terdiri atas tekad, ketangguhan, dan fokus untuk mencapai target/tujuan akademik disebut grit akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara grit dengan prestasi akademik mahasiswa. Oleh karena itu, penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Sebanyak 77 orang mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang menjadi sampel ditentukan dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) grit dan data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara grit dengan prestasi akademik mahasiswa dengan koefisien korelasi sebesar 0,282 yang termasuk dalam kategori rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elia

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal ELIa (Educational Learning and Innovation) dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Institut Shanti Bhuana. Jurnal ELIa merupakan jurnal yang berfokus pada hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Jurnal ELIa juga ...