Jurnal Sains dan Informatika : Research of Science and Informatic
Vol. 7 No. 2 (2021): Jurnal Sains dan Informatika : Research of Science and Informatic

VALIDITAS PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MINDMAP

Ryan Amanda (AMIK Boekittinggi)
Dona Kurnia Dona (Unknown)
Efmi Maiyana Efmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran), sehingga dapat merangsang perhatian, minat, pikiran, perasaan, sikap, dan kepercayaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Secara umum, media pembelajaran memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari sumber (guru) menuju penerima siswa. Media pembelajaran digunakan dalam rangka upaya peningkatan atau mempertinggi mutu proses kegiatan belajar-mengajar. Kurangnya kreatifitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran ni akan berdampak pada jenuh dan kurang fokusnya siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar. Mindmap merupakan salah satu media yang berbasiskan cara kerja otak manusia, populernya media ini tentu tak lepas kesempatan untuk dikembangkan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam jurnal ini adalan research dan development dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop & Disseminate). Mindmap dbuat dengan aplikasi Imindmap dan dalam pengembangannya digabungkan dengan media power point. Dengan adanya penelitian ini diharapkan terlahirnya media mindmap yang memiliki tingkat validitas tinggi sehingga layak untuk diterapkan pada peserta didik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jsi

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Sains dan Informatika (Print - ISSN : 2459-9549, E-ISSN : 2502-096X) merupakan jurnal penelitian teknologi informatika dan komputer yang menerbitkan tentang hasil penelitian dibidang sains, teknologi komputer, baik dalam pengertian luas maupun khusus dalam bidang-bidang tertentu yang terkait ...